Pengertian Petroleum System Chart

Adapun yang tedapat dalam petroleum system chart tersbut adalah seperti adanya penyebaran chart/diagram antara Geological Time Scale dengan Petroleum System Events.

Petroleum system chart yaitu memiliki prinsip dasar yaitu membuat peta penyebaran reservoir hidrokarbon yang akan melewati punggungan dari morfologi reservoir. Daerah yang terdiri hidrokarbon disebut drainage area (analoginya adalah daerah aliran sungai di permukaan bumi). Kesimpulannya jika perangkap tersebut terisi penuh (fill to spill) sampai spill point, maka hidrokarbon tersebut akan tumpah (spill) ke tempat yang lebih dangkal, analoginya adalah prinsip air.

ImageUntuk petroleum system events, terdiri atas adanya faktor elements dan faktor proses. Untuk rock units, source rock, reservoir rock, seal rock, dan overburden rocks adalah data-data untuk faktor elements. Apabila faktor proses digambarkan oleh data trap formation, migration/accum/gen, dan preservation. Seluruh data-data tersebut dirangkai pada kolom waktu tertentu masing-masing. Sehingga perpotongan chart semua akan menghasilkan critical moment apabila adanya perpotongan pada awal mature, trap, migration, dan preservasi.

Untuk data-data sorce rock, reservoir, seal, didapat dari kolom stratigrafi, untuk maturation didapat dari awal onset sampai peak. Untuk trap formation didapat dari sesudah seal sampai batas diatas reservoir, untuk overburden didapat dari data diatas source rock. Untuk migration accumulation didapat dari pertengahan mature sampai dengan trap. Untuk preservationn didapat dari trap dan migration

daftar pustaka: 
http://azizfrrahman101.blogspot.com/2011/03/petroleum-system.html