Makalah Perkembangan Multimedia

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI

PERKEMBANGAN MULTIMEDIA KOMPUTER

Perkembangan VGA Card dan Microsoft Office

 

 

 

 

Disusun oleh :

Andreas Billy Graham Harianja

( H1F010039 )

 

 

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK

JURUSAN TEKNIK

PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI

PURBALINGGA

2010

Kata pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas kasih dan rahmat-Nya akhirnya makalah matakuliah Teknologi Informasi ini dapat dibuat. Terima kasih juga kepada  orangtua penulis yang telah memberikan dukungan spiritual dan materi, begitupun penulis ucapkan terima kasih atas peran serta seorang pendidik Pendidikan Pancasila di Universitas Jenderal Soedirman, Bpk. Teguh Cahyono. Dan terima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang telah memberikan bantuan dalam memberikan semangat.

Diharapkan penulisan makalah ini dapat menjadi bahan referensi untuk materi Teknologi Informasi kedepannya. Diharapkan juga kritik dan saran untuk penulis agar dapat memberikan yang terbaik.

Purbalingga, 25 Juni 2011

Andreas Billy Graham Harianja

DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………           i

Daftar isi…………………………………………………………………….                        ii

Bab 1

Pendahuluan…………………………………………………………….….             1

Bab 2

Analisis permasalahan…………………………………..……………………           2

Bab 3

Kesimpulan…………………………………………………………………..           7

BAB 4

Daftar Pustaka………………………………………………………………                        8

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang

Jangan terdiam karena jaman terus berkembang. Mungkin kalimat tersebut patut kita renungkan. Lihat saja apa yang ada disekitar anda, peradaban telah begitu jauh melangkah. Jika kita masih terdiam dalam ketidaktahuan akan perkembangan jaman maka kita akan tertinggal. Terknologi diberbagai bidang telah maju pesat. Tak hanya dibidang industri, kesehatan, pendidikan, bahkan militer telah menggunakan teknologi yang bisa kita bilang canggih dan modern.

Perkembangan ini tak lepas dari perkembangan komputer yang semakin lama semakin pesat. Komputer benar-benar berpengaruh banyak dalam peradaban. Sekarang hampir seluruh lapisan masyarakat mengenal dan berinteraksi dengan komputer. Segala bidang hampir tidak mungkin jika tidak menggunakan komputer.

Oleh karena itu kita harus ikut mengimbangi perkembangan zaman karena dalam kehidupan sehari-hari manusia akan selalu berinteraksi dengan komputer, baik dibidang ergonomics, multimedia, linguistics, social psycology, business, tecnical writing, dll.

 

1.2  Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah makalah ini adalah

  1. Pengertian Multimedia Komputer
  2. Jenis-jenis Multimedia komputer
  3. Contoh perkembangan multimedia komputer

1.3  Tujuan

Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk :

  1. Memenuhi tugas matakuliah Teknologi Informasi Universitas Jenderal Soedirman
  2. Mengetahui jenis-jenis multimedia komputer
  3. Memahami perkembangan multimedia komputer

BAB 2

ANALISIS PERMASALAHAN

 

2.1  Pengertian Multimedia

 

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli: 1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) 2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996) 3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002) 4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001) 5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

2.2  Jenis-jenis multimedia komputer

 

Adapun jenis-jenis multimedia computer adalah dapat berupa hardware dan software.

Hardware multimedia Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat berperan penting dalam hal kinerja grafis (multimedia) dan perkembangannya, yaitu: prosesor, memori, dan kartu VGA. Bila dilihat dari software-nya dapat berupa software grafik, teks, audio, video atau animasi. Bila ditinjau dari software teks dapat berupa pengolahan kata seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point. Dan bila yang video atau animasi dapat berupa game (counter strike, warcraft, dsb), audio seperti pemutar music (winamp, windows media player, dsb)

2.3  Contoh perkembangan multimedia komputer

 

2.3.1     VGA Card

VGA (Video Graphics Adapter), adalah standar tampilan komputer analog. VGA juga bisa diartikan sebagai komponen yang tugasnya menghasilkan visual dari komputer dan hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat. VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM (International Bushiness Machines Corporation) disingakat menjadi IBM.

Dua alat yang diperlukan untuk memanjakan mata para penggunanya yaitu dengan VGA yang lebih bertenaga dan dengan display yang lebih baik. Dengan menggunakan VGA yang lebih bertenaga anda akan mendapatkan frame rite yang lebih baik. Sedangkan dengan display yang lebih baik anda akan mendapatkan resolusi dan refresh rate yang tidak melelahkan mata. VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor dan salah satu komponen komputer yang mutlak (harus ada).

Perkembangan VGA Card :

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA terdiri atas dua jenis

a.   VGA onboard.
VGA onboard adalah unit pemroses yang telah menyatu pada motherboard, maka VGA card tidak diperlukan lagi. Keberadaan chipset VGA onboard ini tidaklah bersifat tetap karena VGA onboard ini dapat diatur untuk tidak aktif jika user ingin memasang VGA card yang diinginkannya.
Sejak IBM PC lahir pada tahun 1981 nyaris semua PC mempunyai memori terpisah untuk frame buffer, yaitu block memori dimana gambar yang keluar di layar monitor dipetakan. Ini bukan masalah bagi sistem yang memiliki video monochrome bebasis karakter. Karena frame buffer yang diperlukan hanya 2 KB. Tetapi GUI (Graphical User Interface) yang berbasis modern yang memerlukan layar bit mapped yang bersolusi tinggi dan warna sejati sangat rakus memori.Layar beresolusi 640 x 480 pixel dengan warna 8 bit meminta frame buffer sebesar 300 KB, sementara layar beresolusi 1024 x 768 pixel dengan warna 24 bit memerlukan memori sebesar 2,25 MB. Frame buffer yang dedicated , berukuran tetap.
Tidak peduli mode layar yang sedang digunakan frame buffer harus mampu mengakomodasi resolusi paling tinggi dan kedalaman warna terbaik yang dapat didukungnya. Software tidak bisa memanfaatkan memori sisa dari frame buffer walaupun yang digunakan adalah resolusi rendah dan 16 warna. Ini penyebabnya oleh cara pemaketan Video dan konfigurasinya dalam sub sistem grafis yang khusus. Dengan demikian, ber-Mega-mega byte memori tersia-siakan. UMA (Unified Memori Architecture) menyatukan frame buffer dengan memori utama.

b.  VGA bukan onboard (dengan kartu VGA).
Sejak sistem PC IBM pertama, didalam komputer pasti ada unit kartu grafis, entah itu CGA, EGA, MCGA , VGA, atau yang lain. Dengan menggunakan kartu VGA bukan onboard maka akan didapatkan kinerja yang lebih baik daripada sistem yang menggunakan UMA (Unified Memori Architecture). Jika dulu sebuah kartu grafis 8 bit dengan memori 512 KB yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 sudah cukup, maka sekarang tidak lagi. Kebutuhan minimal untuk komputer multimedia adalah kartu grafik 64 bit dengan memori 1 MB.

c.   Kartu VGA menggunakan beberapa macam memori seperti:
1.        DRAM (Dynamic RAM)
80 ns sampai 70 ns. DRAM digunakan pada banyak kartu grafik seperrti 8, 16, atau 32 bit. Penggunaan DRAM ditujukan untuk komputer tingkat yang tidak memerlukan kecepatan tinggi dan warna yang banyak.

2.        EDO RAM
Berkecepatan 60 ns sampai 35 ns. EDO RAM banyak ditemukan pada kartu 64 bit. biasanya digunakan pada umumnya memiliki speed 60 MHz 60/40 ns.

3.        VRAM (Video RAM)
Berkecepatan 20 ns sampai 10 ns, VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. Penggunaan VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas atas.SGRAM (Synchronous Graphic RAM). berkecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM pada kartu VGA juga berdasarkan pada teknologi SDRAM pada memori utama komputer. SGRAM banyak digunakan pada kartu grafik kelas tinggi.

4.        RAMBUS
Penggunaan RAMBUS pada VGA card komputer masih sedikit (RAMBUS adalah memori yang digunakan pada mesin-mesin game Nintendo, Sega, sejauh ini hanya kartu grafik produksi Creative Labs (MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme) yang menggunakannya.

            2.3.2     Microsoft Office

Sesuai dengan namanya, software ini diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Apakah pada saat itu MS Office (disingkat saja) sudah seperti sekarang? Nah mari kita bahas dalam postingan kali ini. Pada kesempatan kali ini saya hanya akan menuliskan perkembangan Office di Sistem Operasi Windows.

Perkembangan Microsoft Office :

  1. 1.      Microsoft Office 3.0. Ternyata yang pertama dirilis adalah versi 3.0. Pada versi ini hanya tersedia untuk OS Windows.
  2. Microsoft Office 4.0. Dirilis pada tahun 1994. Berisi Word 6.0, Excel 5.0, PowerPoint 4.0, Mail and Access.
  3. Microsoft Office 4.3. Seri ini merupakan seri dengan 16-bit yang terakhir dan juga versi terakhir yang mendukung Windows 3.x, Windows NT 3.1 dan Windows NT 3.5
  4. Microsoft Office 95. Atau juga dikenal dengan versi 7.0. Versi ini menggunakan 32-bit agar cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Yang versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, PowerPoint 7.0 dan Schedule+7.0. Versi professional terdiri dari semua yang ada di standar ditambah dengan Access 7.0.
  5. Microsoft Office 97. (Office 8.0), Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
  6. Microsoft Office 2000. (Office 9.0) Pada versi ini bayak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.
  7. Microsoft Office XP. Bisa disebut sebagai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrade besar – besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur Safe Mode. Memungkinkan aplikasi contohnya Outlook untuk bisa booting ketika terjadi kesalahan. Safe mode memungkinkan Office untuk mendeteksi, membetulkan atau mem-bypass sumber dari permasalahan system, seperti registry yang corrupt. Lalu adanya fitur Smart Tag yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang salah ejaan. Tetapi pada Office ini Smart Tag hanya bisa dijalankan di Word dan Excel. Office XP juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata, sebaik mungkin seperti penulisan tangan. Di versi ini ada product activation. Office XP mendukung Windows 98, ME, NT 4.0. Office XP juga dikenal sebagai yang pertama untuk versi Office yang bisa berjalan baik di OS Vista.
  8. Microsoft Office 2003. (Office 11.0). Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
  9. Microsoft Office 2007. (Office 12.0). Versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga adanya Groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi.
  10. Microsoft Office 2010. (Office 14.0). Untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karena adanya takhayul terhadap nomor 13!

Berdasarkan Peneliti Forrester, sampai bulan Juni 2009, beberapa versi dari MS office digunakan di 80% dari jumlah perusahaan yang ada.

BAB 3

KESIMPULAN

Adapun setelah analisis permasalahan diatas yang dapat disimpulkan adalah

1. multimedia computer adalah dapat berupa hardware dan software. Hardware multimedia Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat berperan penting dalam hal kinerja grafis (multimedia) dan perkembangannya, yaitu: prosesor, memori, dan kartu VGA. Bila dilihat dari software-nya dapat berupa software grafik, teks, audio, video atau animasi. Bila ditinjau dari software teks dapat berupa pengolahan kata seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point. Dan bila yang video atau animasi dapat berupa game (counter strike, warcraft, dsb), audio seperti pemutar music (winamp, windows media player, dsb)

2. VGA Card ditilik dari perkembangannya dapat berupa VGA onboard yang adalah unit pemroses yang telah menyatu pada motherboard, maka VGA card tidak diperlukan lagi. Keberadaan chipset VGA onboard ini tidaklah bersifat tetap karena VGA onboard ini dapat diatur untuk tidak aktif jika user ingin memasang VGA card yang diinginkannya

3.  Adapun perkembangan Microsoft Office adalah Microsoft Office 3.0; Microsoft Office 4.0; Microsoft Office 4.3; Microsoft Office 95; Microsoft Office 97; Microsoft Office 2000; Microsoft Office XP; Microsoft Office 2003; Microsoft Office 2007; Microsoft Office 2010.

BAB 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Kumpulan catatan pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer Sekolah Menengah Dasar

http://viryacarvalho.com/index.php?option=com_content&view=article&id=411:sejarah-perkembangan-ms-office&catid=8:teknologi-informasi&Itemid=5

http://theblackacedenz.blogspot.com/2009/04/perkembangan-vga-tahun-1980.html

 

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s